KARYA
ILMIAH PELUANG BISNIS DALAM
PERKEMBANGAN
IPTEK DENGAN BRANDING
Nama : Mega Kurniasih
Nim : 15.11.9121
Kelas : SITI09
Kelompok : I
Alamat Blog : www.megakurniasih.co.vu
PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA
STMIK AMIKOM
YOGYAKARTA
A. ABSTRAK
Branding (pemerkan) adalah
proses penciptaan atau peninggalan tanda jejak tertentu di benak dan hati
konsumen melalui berbagai macam strategi komunikasi sehingga tercipta makna dan
perasaan khusus yang memberikan dampak bagi kehidupan konsumen. Aktivitas
branding merupakan implementasi dari strategi komunikasi merek dan merupakan
bagian dari proses pengembangan (nilai) merek. Bahwa merk adalah nama dan atau
simbol yang sifatnya membedakan (berupa logo atau simbol, cap atau kemasan)
untuk mengidentifikasi barang atau jasa dari seorang penjual atau kelompok
penjual. Dalam hal ini merk merupakan sebuah hubungan kepercayaan.
Penulis menyimpulkan bahwa
branding dimaksudkan untuk memperkuat merek produk ataupun jasa. Terutama bagi mahasiswa
tidak perlu mengeluarkan dana untuk bisnis branding ini. Bermodalkan
kreatifitas dan selalu aktif dalam mempromosikan produk lewat internet(sosmed).
B. ISI
Memiliki bisnis dengan modal kecil atau bahkan tanpa
modal sangat dicari. Penulis memilih usaha/bisnis dibidang branding. Penulis
lebih tertarik pada sector makanan, khususnya cemilan. Tapi daam hal ini
penulis bukan sebagai produsen, melainkan sebagai perantara produsen.
Bisa dikatakan agen tersebut
bagian marketing tapi kita memiliki merk sendiri dan barangnya dari produsen.
Yang penting disini adalah mambangun kepercayaan produssen. Banyak cemilan
dikota penulis yang hanya bernilai ekonomi rendah missal keripik singkong hanya
dijual dengan Rp 5000per bungkus, tapi dengan branding kita bisa punya merk dan
bisa dipasarkan tidak hanya diwilayah produksi tapi bisa juga melalui internet.
Peluangnya tentu sangat menjanjikan, apalagi sebagai mahasiswa tentu tidak
perlu dengan biaya yang besar. Dan keuntungannya dibagi dengan produsen.
Promosi yang paling efektif
seperti yang penulis sebutkan diatas. Sebagian besar penduduk bumi menggunakan
interet dan terhubung dengan masyarakat lain di seluruh penjuru dunia bahkan
ada sebagian pengguna internet lebih eksis di dunia maya disbanding di dunia nyata.
Seperti di facebook, twitter, instagram, path,blog. Untuk brand yang belum
tekenal membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menciptakan trust atau
kepercayaan konsumen. Sebab isu penipuan di internet mempengaruhi keputusan
konsumen dalam melakukan transaksi online.
C. REFERENSI
Komentar
Posting Komentar